5 Cara Menghindari Pencurian Motor Menurut Dosen UM Surabaya

5 Cara Menghindari Pencurian Motor Menurut Dosen UM Surabaya

5 Cara Menghindari Pencurian Motor Menurut Dosen UM Surabaya – Aksi pencurian kendaraan bermotor atau pencurian sepeda motor (curanmor) adalah kejahatan yang sudah terbentuk sejak dulu. Biasanya para pelaku menggunakan kelengahan para pemilik motor saat menjalankan aksinya.

Untuk menghindari aksi pencurian motor di lingkungan sekitar, Dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Lukman Hakim memberikan sejumlah tips. Lukman menjelaskan, motor matik seringkali sebagai sasaran empuk para pelaku curanmor karena paling mudah dibobol. Akan tetapi tak menutup kemungkinan motor jenis lain pun sebagai incaran. Berikut sejumlah tips cegah curanmor dari dosen UM Surabaya.

Cara menghindari aksi curanmor

1. Parkir di tempat yang aman

Tips pertama cegah curanmor merupakan parkir di tempat yang aman. Masyarakat bisa memarkir motor pada tempat berlaku. Parkir resmi seperti di stasiun dan mall mempunyai garansi atau jaminan ketika motor yang di parkir hilang. “Ketika seseorang parkir di tempat resmi akan ada cctv yang bisa mengawasi setiap keluar masuknya sepeda motor,” ucap Lukman seperti dijelaskan dari laman UM Surabaya, Sabtu (12/11/2022).

2. Kunci setang motor ke arah kanan

Tips mencegah curanmor berikutnya merupakan mengunci motor ke arah kanan. Pasalnya mengunci setang mengarah kiri sangat berisiko karena akan menimbulkan ruang yang cukup besar di bagian tempat kunci kontak. Berdasarkan Lukman, hal itu bisa dimanfaatkan oleh maling sebagai membobol kunci kontak dengan kunci T.

3. Manfaatkan fitur SKS (Secure Key System)

Dosen UM Surabaya ini menambahkan, masyarakat bisa menggunakan fitur SKS (Secure Key System). Fitur ini akan memperlambat waktu maling supaya tak bisa mencuri motor. Sistem SKS ini biasanya diberikan oleh pabrik menjadi pengamanan dari pencurian motor.

4. Gunakan kunci ganda

Lukman menjelaskan, menggunakan kunci ganda bisa menghindari aksi curanmor. Untuk memperoleh kunci ganda ini seseorang bisa memperolehnya di toko suku cadang seperti bengkel aksesoris maupun toko online. “Untuk pemasangannya cukup mudah, seseorang bisa memakai kunci ganda di cakram atau sela-sela pelek,” ujar Lukman.

Baca Juga : Daftar Universitas Terbaik di Asia 2023

Apabila meninggalkan motor dalam kurun waktu lama, bisa menggunakan rantai yang diikatkan dengan benda kokoh di sekitarnya. Penggunaan rantai bersama kunci gembok akan mempersulit pelaku curanmor saat beraksi.

5. Gunakan sarung motor

Penggunaan sarung motor merupakan untuk melindungi motor dari gesekan atau debu saat diparkir. Namun sarung motor juga mempunyai fungsi lain yaitu untuk mengurangi perhatian pencuri untuk melakukan tindakan pencurian.

Sekian tips cegah aksi pencurian motor di lingkungan sekitarmu. Tips ini penting untuk para mahasiswa yang tinggal di kos-kosan terlebih di kota-kota besar. Apalagi yang belum hafal atas keamanan lingkungan sekitar. Sehingga ada baiknya jika membuat langkah antisipasi sebelum jadi korban curanmor

By admin

3 thoughts on “5 Cara Menghindari Pencurian Motor Menurut Dosen UM Surabaya”
  1. It’s really great. Thank you for providing a quality article. There is something you might be interested in. Do you know majorsite ? If you have more questions, please come to my site and check it out!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *