Wapres Ma’ruf Amin Berpesan Kepada Universitas Darunnajah

Wapres Ma'ruf Amin Berpesan Kepada Universitas Darunnajah

Wapres Ma’ruf Amin Berpesan Kepada Universitas Darunnajah – KH Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI, meresmikan Universitas Darunnajah di Jakarta, Senin (7/11/2022). Pada sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin menginginkan Universitas Darunnajah menginspirasi Islam moderat.

Ma’ruf Amin menyampaikan, melewati pendidikan tinggi yang berproses di dalamnya, perguruan tinggi pesantren terbilang diharapkan melahirkan generasi muslim yang memberitahukan narasi Islam yang moderat, mendorong pembangunan dan kemajuan negara. Maka dari itu Ma’ruf Amin juga berharap Universitas Darunnajah sebagai pemersatu bangsa yang kaya dengan keragaman budaya.

4 Pesan Wapres Kepada Universitas Darunnajah

“Mereka harus sebagai orang-orang yang memahami agama, yang berpaham moderat, sehingga Indonesia dapat sebagai rujukan Islam wasathiyah untuk dunia,” ujar Ma’ruf dalam sambutannya secara virtual, dikutip dari siaran Youtube darunnajahtv.

Wapres menyampaikan, sebagai moderat dapat ditempuh dengan memperdalam ilmu-ilmu keislaman. Akan tetapi, Ma’ruf juga menantikan empat hal lain dari universitas yang dikelola melalui wakaf tersebut.

1. Dia mendambakan bantuan universitas tersebut untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi dan keuangan syariah. Bidang ini adalah cita-cita besar yang membutuhkan kontribusi pemikiran dari banyak ahli.

Pihaknya mempunyai cita-cita, negara ini akan sebagai pusat pengembangan ekonomi syariah. “Banyak pihak akan datang ke sini nantinya untuk memahami bagaimana mengembangkan ekonomi syariah di tengah keragaman tradisi,” ujar Wapres. ‘

2. Pihaknya meminta Universitas Darunnajah melakukan pendidikan yang inklusif dan berkualitas untuk semua.

3. Universitas berfungsi untuk memajukan keahlian dan bakat individu yang sesungguhnya dipersiapkan untuk mengembangkan perekonomian dan mengurangi kemiskinan negara. Individu-individu yang dihasilkan dari universitas harus sebagai angkatan kerja yang mumpuni dan lincah dalam menghadapi aneka tantangan di dunia kerja.

Baca Juga : Densus 88 Menangkap Kepala Sekolah di Sumenep

“Sekarang visi kita bukan saja di tingkat nasional, Namun kita ingin mewujudkan tenaga kerja yang kompetitif di tingkat global. Saya berharap Universitas Darunnajah sebagai salah satu institusi yang mampu memenuhi target ini. Dari Universitas Darunnajah akan lahir profesional dan ahli yang dibutuhkan oleh negeri,” ucap Kiai Ma’ruf.

4. Wapres membicarakan universitas merupakan tempat mengembangkan pengetahuan dan teknologi baru melalui penelitian. Universitas mempunyai akses paling banyak terhadap ilmu pengetahuan global yang diambil dan dimanfaatkan untuk kemajuan di dalam negeri. “Maka dari itu, Universitas Darunnajah harus mengoptimalkan fungsi ini agar memahami ilmu pengetahuan dan teknologi serta melaksanakan inovasi secara terus menerus,” ujarnya.

“Universitas Darunnajah harus memajukan kerja sama seluas-luasnya dengan institusi lain baik di dalam maupun luar negeri,” ucap Ma’ruf. Wapres memberitahu apresiasi atas ikhtiyar keluarga besar Yayasan Darunnajah yang berperan aktif memajukan dunia pendidikan dan keagamaan dengan mendirikan Universitas Darunnajah.

Hal ini dilaksanakan untuk merespons tuntutan perkembangan zaman serta menjawab kebutuhan masyarakat untuk memperoleh akses pendidikan, seperti amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 terhadap Sistem Pendidikan Nasional.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *